Saturday, November 17, 2012

Tentang Multiply, Kesibukan Kerja dan Game Online

Apa arti dari ketiga hal di atas buat saya??
Tiga hal tersebut yang mempengaruhi hidup saya sejak saya lulus SMA 2007 lalu. Tiga hal tersebut tidak pernah lepas dari keseharian saya selama 5 tahun terakhir ini. Bedanya, tuk yang pertama dan ketiga, tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Ada jeda waktu antara keduanya, namun saling berkaitan.

OK, saya akan sedikit bercerita tentang ketiga-tiganya.



* * *

Siapa di antara pembaca yang tidak kenal Multiply.com?? ada beberapa mungkin, atau banyak yg tidak tau?? Salah satu situs jejaring sosial seperti Facebook atau Blogspot ini. Namun, di MP, lebih ditekankan bloggingnya. Membuat blog, share foto, video, musik, ada di sana.

Saya aktif di multiply (http://ram14chemist.multiply.com) di era tahun 2008-2009. Singkat memang, tapi cukup banyak yg saya dapatkan di sana.

Karena Multiply, saya menjadi orang yg senang menulis. Tiap ada hal yang ingin saya ceritakan, saya tulis, saya curahkan di Multiply. Saya punya cukup banyak teman di sana, meski mayoritas berusia lebih muda dari saya dan berlokasi jauh, tapi tidak menyurutkan saya dan mereka saling berkomunikasi. Sempat juga saling bertemu dengan beberapa teman sesama MP-ers (sebutan pengguna Multiply).
Bagi saya saat itu, tiada hari tanpa membuka multiply, melihat update konten teman atau mencari bahan bacaan lain. Karena kebetulan saya bekerja di perusahaan komputer yg mana koneksi internet 24 jam nonstop.

Karena Multiply pula, saya jadi bisa sedikit berimajinasi dalam desain web (saya lemah dalam desain). Saya jadi mau dan sempat belajar tentang web berkat multiply. Web pertama dan satu-satunya yg saya buat hasil belajar sendiri adalah di http://escience.hostei.com, tapi sudah tidak terurus.

Keaktifan saya di Multiply tidak bertahan lama. Pertengahan tahun 2009, saya pindah kerja ke sebuah grosir sembako dimana jam kerja benar2 padat. Kerja tiap hari tanpa libur membuat saya tidak aktif lagi di Multiply, tidak ada waktu tuk mengurus MP yg mayoritas menyita waktu.

Anehnya, tidak lama kmudian saya malah aktif bermain game online Point Blank. Game FPS yang sedang naik daun 3 tahun terakhir. Game peperangan yg memungkinkan pemainnya meniti karir layaknya seorang tentara tsb telah menjadikan saya maniak game online.
Dari tahun 2010, saya lebih senang bermain game dibanding menulis. Ditambah lagi, banyak biaya yg harus saya keluarkan untuk memenuhi hasrat bermain game tersebut. Jika dihitung, sudah lebih dari 3 juta rupiah melayang hingga kini hanya tuk bermain game PB. Parahnya, saya sampai rela nginep di warnet dan terkantuk-kantuk saat bekerja pagi harinya.

Memang, di game tersebut (karena online) memungkinkan saya mendapat beberapa teman baru, teman sesama gamer. Karena pertemanan tersebut, keinginan saya tuk menyudahi kecanduan saya bermain game tsb selalu tertunda.

* * *

Tapi kini, saya sudah bertekad berhenti bermain game.
Saya ingin fokus bekerja, menabung dan menikah kelak. Saya pun ingin kembali aktif menulis seperti dulu... Bukan di Multiply, melainkan di Blogspot ini.
Semoga saya bisa langgeng menulis di site ini. Amin

No comments:

Post a Comment