Saturday, November 17, 2012

Pengalaman baru di Indomaret

Hai Kawan Hai Kawan, mari bekerja...
Bersama membangun usaha kita...
Beri senyum dan sapa dengan ceria...
Indomaret jaya slamanya...


Hahaha, Mars Indomaret, saya gak pernah menyangka bahwa saya bakal rutin menyanyikan Mars tersebut sekarang.
Ya, terhitung 1 November 2012, saya resmi menjadi pegawai di PT. Indomarco Prismatama, perusahaan induk Indomaret. Perusahaan retail yang sudah tidak asing lagi di telinga kita.




Eitss, saya menjadi pegawai di sana bukan sebagai pramuniaga di toko. Alhamdulillah saya ditempatkan di office, di kantor cabang Jakarta 1 yang berlokasi di Jl. Ancol Barat, Gedung Volvo.

* * *

3 tahun sebelumnya, saya bekerja di toko grosir sembako milik keluarga. Cukup wah bekerja di toko dengan omzet lebih dari 100 juta rupiah per hari. Namun, tak adanya hari libur, jam kerja yang super duper padat, serta nahasnya bekerja dengan keluarga sendiri, membuat saya memutuskan tuk hengkang dari sana. Hanya berbekal sedikit ilmu dagang... T_T

Sekitar satu bulan pasca resign, saya menganggur. Sambil mencoba melamar sana-sini, tak lupa saya mencoba mengirim email lamaran ke Indomaret.

Tak sampai seminggu, pagi hari, HP saya berdering, nomor tak dikenal. Tanpa ragu saya angkat karena saya slalu brharap itu panggilan interview. Benar saja, pihak Indomaret meminta saya datang ke HO (Head Office) hari kamis, 25 Oktober untuk tes dan interview.

Hari H, tes dan interview, banyak peserta calon pegawai yg ikut tes.
Tes saat itu berjalan lancar, namun jujur saja, cukup membuat saya merasa mual dan ingin muntah, saking mumetnya soal-soal yg diberikan... Hiks
Tak lama, interview, saya pun diminta datang lagi hari Senin, 29 Oktober.

Nasib cukup tragis sempat menimpa saya di hari Senin. Menunggu panggilan interview tuk kepastian penerimaan bersama 4 calon lain, saya yang harus menderita karena baru dipanggil interview jam stengah 3 sore, di tengah2 teriknya cuaca. 4 calon lain sudah pulang duluan. Lebih mencekam lagi, saya langsung diinterview oleh salah satu Manager dan dites komputer... Wew
Tapi, berkat kesabaran saya dalam menghadapi tekanan itu, saya pun diterima dan mulai resmi bekerja tanggal 1 November 2012.

* * *

Saya ditempatkan di bagian Admin Area, yang bertugas mengakomodir data2 terkait toko. Melayani 60 supervisor area dan 10 manager area... Hiiii
Bersama 3 rekan senior, saya cukup menikmati pekerjaan baru saya ini (saat ini menikmati, bulan depan??)

Kendala saya cuma 1, saya cukup sulit berkomunikasi. Saya harus bisa akrab dengan 70 orang itu (supervisor dan manager), serta beberapa orang dari bagian lain yang kebetulan 1 ruangan.
Untungnya, 3 rekan setim sangat bersahabat, saya jadi tidak terlalu canggung dalam bekerja sama dengan mereka. Mereka senantiasa membantu saya sbagai junior dalam menjalankan tugas.

* * *

Yah, inilah tugas baru saya, tidak jauh berbeda dengan pekerjaan saat di grosir, bertemu banyak orang. Intinya, saya harus bisa ramah, seperti apapun lawan bicara saya.

Petualangan baru saja dimulai, saya memasuki dunia dimana tak satu pun orang yg saya kenal sebelumnya, serba baru, serba formal.
Jauhnya lokasi kerja tidak boleh dijadikan kendala, macetnya Jakarta yang mengundang emosi harus saya nikmati.
Dan tentu saja, semangat bekerja pun harus selalu hadir.

13 comments:

  1. brapa income yang didapat perbulan disana bro??

    ReplyDelete
  2. Seru juga... bisa minta pin bbm gak. Kebetulan awal thn 2015 saya kerja

    ReplyDelete
  3. ASS PK mau nanya saya pernah melamar ke idm sbgai crew store pramuniaga tes dn intviw sya jlanani namn sya surung nggu pgilan smppai sbulan ini blm ada jga knpa ya thx

    ReplyDelete
  4. Selamat siang mas.. Boleh minta kontaknya buat tanya-tanya soal pengalaman jadi staf admin mas? Saya ada rencana buat ngelamar pekerjaan itu mas.. Terima kasih..

    ReplyDelete
  5. Tes kerja ny susah ga?

    ReplyDelete
  6. Test komputernya apa aja? Kebetulan saya mau lamar

    ReplyDelete
  7. Ceritanya kaya saya banget persis mas. Dan alhamdulillah skrng sudah di tempatkan di dc lebak

    ReplyDelete
  8. Ceritanya kaya saya banget persis mas. Dan alhamdulillah skrng sudah di tempatkan di dc lebak

    ReplyDelete
  9. Maaf mau tanya, kalau admin staff admin pt. Indomarco pristama (indomaret) itu di toko atau di kantornya ya ?

    ReplyDelete